Buat Kusen Aluminium Bersih Tanpa Noda Dengan Cara Ini

Cara Buat Kusen Aluminium Bersih Tanpa Noda

Seperti bagian rumah lainnya, kusen juga tidak luput dari kotoran dan debu. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kotoran yang bersarang bisa merusak tampilan kusen. Belum lagi apabila Anda menggunakan aluminium sebagai bahan pembuat kusen. Jika tidak dirawat dengan baik, kusen aluminium dapat cepat berkarat dan keropos.

Untuk membuat kusen berbahan aluminium berkilau seperti baru bukanlah hal yang mustahil. Jika Anda rajin membersihkan dan merawatnya, kusen ini bisa awet dan terbebas dari karat. Anda bisa melakukan pembersihan setiap 3 sampai 4 minggu sekali.

Cara Ampuh Membersihkan Kusen Aluminium

Anda tentu tidak mau kan keindahan rumah Anda menjadi terganggu? Dengan melakukan pembersihan yang tepat dan efektif secara rutin, maka kusen Anda dapat tetap terlihat cantik. Berikut ini adalah cara mudah untuk membersihkan kusen berbahan aluminium:

1. Semprot Dengan Air

Pertama-tama Anda harus mengecek kondisi kusen terlebih dahulu apakah ada celah atau kebocoran. Jika sudah, maka Anda bisa mulai menyemprot kusen dengan air yang mengalir dari selang. Jika Anda tidak memiliki selang air, Anda bisa menyiram kusen dengan air menggunakan gayung dan ember.  Cara ini lebih efektif untuk membantu menghilangkan lapisan debu dan kotoran yang ada di permukaan kusen aluminium dibandingkan dengan hanya mengelapnya.

2. Gunakan Larutan Detergen

Tahap selanjutnya adalah dengan menggosok kusen dengan kain lap atau spons yang sudah dicelupkan ke dalam air yang telah dicampur dengan detergen. Detergen dapat mengangkat debu dan kotoran yang susah diangkat di kusen berbahan aluminium, sehingga proses pembersihan kusen pun menjadi jauh lebih mudah. Tidak hanya membersihkan, detergen ini juga dapat membuat kusen terlihat lebih mengkilap. Namun jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus, Anda bisa menggunakan bahan khusus pembersih aluminium yang bisa Anda temukan di toko.

3. Lap Basah Tanpa Sabun

Setelah kusen sudah melewati tahap pembersihan dengan detergen, maka selanjutnya Anda bisa mengelapnya dengan kain lap atau spons basah yang sudah direndam di dalam air tanpa sabun. Hal ini berguna untuk mengangkat sisa-sisa detergen atau cairan pembersih yang mungkin masih menempel di permukaan kusen. Pastikan Anda mengelapnya dari bagian paling atas lalu turun ke bawah untuk menghindari air kotor yang menetes. Anda harus benar-benar membilasnya sampai bersih, karena sisa-sisa residu bisa merusak kusen Anda.

4. Keringkan Dengan Lap Kering

Setelah Anda sudah memastikan tidak ada sisa residu yang menempel di kusen, Anda bisa mulai mengelapnya dengan lap kering. Pastikan Anda mengelap setiap sisi kusen. Anda tidak boleh lupa untuk mengelap bagian bawah kusen, karena biasanya disitulah tempat sisa air menetes. Jika Anda melewati bagian itu, maka kemungkinan kusen bisa menjadi cepat rusak dan berkarat.

5. Poles Kusen

Masih belum puas dengan hasil pembersihan? Anda ingin membuat kusen lebih mengkilap? Kalau begitu Anda bisa memoles kusen dengan bahan pengkilap. Bahan ini sudah banyak tersedia di toko bahan perlengkapan rumah. Namun jika Anda tidak mempunyai bahan tersebut, Anda bisa kok menggunakan bahan-bahan lainnya yang bisa ditemukan di rumah. Anda bisa mengelapnya dengan spons yang sudah ditambah bubuk pembersih piring lalu dibilas dan dikeringkan kembali. Anda juga bisa mengoleskan minyak zaitun atau lemon ke permukaan kusen berbahan aluminium dan menggosoknya dengan kain lembut. Dengan begitu, kusen rumah Anda pun lebih berkilau dan terlihat seperti baru.

Buat Kusen Aluminium Bersih Tanpa Noda Dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top