Maksimalkan Cahaya Alami Pada Rumah Anda Dengan Cara Ini

Cara Maksimalkan Cahaya Alami Pada Rumah

Apa jadinya jika rumah kurang cahaya? tentu akan terlihat suram, gelap, bahkan sejumlah dinding akan mudah mengalami lembab dan berjamur. Lantas bagaimana caranya agar cahaya alami bisa masuk sempurna? jangan khawatir, dengan beberapa langkah yang tepat Anda akan mendapatkan rumah dengan pencahayaan terbaik.

Cara Maksimalkan Cahaya Alami Pada Rumah

Lakukan 5 Langkah Ini Dan Rumah pun Jadi Lebih Terang

Banyak hal yang bisa dilakukan agar rumah yang terletak di antara bangunan tinggi, atau di sudut perumahan dengan minim cahaya tetap terlihat terang. Anda bisa memainkan fungsi pintu, membuat skylight, kanopi kaca, glass block, memperbesar ventilasi udara, meminimalisir sekat dan memperbanyak area yang menggunakan elemen kaca

Pintu Kaca

Bisa jadi rumah Anda sudah sangat sempit, sehingga tak memungkinkan untuk menambah jumlah jendela atau memperluas ruangan agar cahaya lebih banyak masuk. Cara cerdasnya adalah dengan memainkan fungsi pintu sebagai media masuknya cahaya alami dari luar. Cukup dengan mengganti kayu dengan kaca, dan rumah pun jadi lebih terang.

Skylight

Membuat skylight pada area tertentu yang butuh tambahan cahaya juga bisa dilakukan, contohnya di atas kamar Anda, di area ruang makan, ruang tamu, bahkan dapur. Sehingga cahaya matahari bisa lebih leluasa masuk, dan listrikpun bisa dihemat pada siang hari. skylight juga akan menambah kesan mewah pada ruangan, jadi Anda terpuaskan dua kali yaitu dengan terang maksimal dan interior lebih indah.

Kanopi Kaca

Sama halnya dengan skylight, Anda juga bisa menggunakan kanopi kaca sebagai bagian eksterior ruangan. Selain mempercantik tampilan hunian juga akan memberikan lebih banyak cahaya yang masuk ke dalam rumah. Anda bisa membuatnya pada bagian teras atau samping hunian, pilihlah desain dengan kaca tempered berbentuk kotak-kotak besar agar cahaya lebih maksimal tersalurkan ke dalam rumah.

Glass Block

Tak bisa terlalu banyak renovasi? Anda cukup mengganti beberapa material pada dinding ruangan gelap menggunakan glass block. Sehingga ruangan tidak akan lembab lagi, lebih nyaman untuk ditempati. Apalagi desainnya juga bisa menambah keindahan interior ruangan, dan pastinya tetap memberi privasi pada ruang tersebut. Karena bahan ini tidak tembus pandang walaupun terbuat dari kaca.

Ventilasi Udara

Coba lihat ventilasi udara Anda, jika letaknya menantang cahaya matahari atau berada di area dengan potensi cahaya matahari maksimal lakukan sedikit sentuhan tambahan. Caranya dengan memperbesar ventilasi dan memberi elemen kaca di sana, sehingga cahaya matahari dari luar bisa puas bersinar di dalam rumah Anda.

Minimalisir Sekat

Selain memberi kesan luas pada bagian dalam rumah, meminimalisir sekat juga dapat menjadi solusi penerangan alami pada rumah. Anda tinggal memilih material sekat yang tepat seperti kaca, yang pastinya akan sempurna meneruskan cahaya matahari dari luar ke dalam ruangan.

Perbanyak Area Kaca

Jika rumah Anda bertingkat dan banyak spot gelap, lakukan renovasi dengan menambah area kaca. sama halnya dengan kanopi kaca, area dengan material kaca juga sangat disarankan untuk menambah terang rumah secara alami.Contohnya pada dinding tangga buatlah beberapa jendela kaca yang akan menjadi media penyaluran cahaya, atau pada bagian di bawah plafon ruang tamu.

Dengan memanfaatkan area yang sudah ada memaksimalkan cahaya alami masuk, Anda bukan saja membuat hunian terlihat lebih nyaman tapi juga sehat. Selain itu banyak yang mengaku puas dengan cara di atas, tagihan listrik turun drastis karena penggunaan lampu bisa diminimalisir. Anda juga ingin melakukannya? Pilihlah cara yang tepat sesuai kondisi hunian untuk hasil terbaik.

Maksimalkan Cahaya Alami Pada Rumah Anda Dengan Cara Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top