Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Pemasangan Partisi GRC yang Kurang Tepat

Cara Mengatasi Pemasangan Partisi GRC

Tidak dapat dipungkiri bahwa memilih material bahan bangunan membutuhkan cukup banyak pertimbangan. Terlebih lagi jika material yang digunakan adalah untuk rumah pribadi. Sebisa mungkin orang akan memilih material yang nyaman dan layak untuk dihuni bersama keluarga. Memilih material juga harus memperhatikan letak, bentuk, dan jenis ruangan yang akan dirancang.

Salah salah sau bagian terpenting yang memberikan rasa nyaman dari rumah ialah plafon dan sekat ruangan. Jika dahulu triplek dan gipsum menjadi material yang banyak digunakan pada bagian ini, namun  sekarang banyak orang telah beralih menggunakan partisi GRC.

Penjelasan Tentang Partisi GRC

Partisi bahan GRC (Glassfibre Reinforced Concrete) merupakan bahan penyekat dari material komposit yang memiliki fungsi serupa dengan gipsum, tersusun atas semen, pasir halus, polimer akrilik, agregat, serat kaca, dan air. Papan GRC  yang tersusun dari partisi bahan GRC lebih kokoh dari gipsum dan memiliki banyak keunggulan.

Adapun keunggulan GRC board ialah lebih ringan, awet dan tahan lama, tahan api, tidak mudah lapuk, anti rayap dan ati jamur, pemasangan yang mudah, bersih, dan cepat, permukaannya yang halus dan datar, serta mudah dalam pengecatan. Keunggulan-keunggulan ini menjadikan partisi bahan GRC menjadi primadona sebagai pelengkap desain interior maupun interior.

Papan GRC umum digunakan sebagai dinding bangunan atau sekat pemisah ruangan karena mudah dibongkar pasang sesuai keinginan. Selain itu, papan GRC juga kerap digunakan sebagai plafon, lisplang dan kubikal toilet.

Cara Mengatasi Pemasangan Partisi GRC yang Tidak Tepat

Partisi bahan GRC dengan segala keunggulannya tetap saja terkadang menemui berbagai kendala yang mungkin terjadi. Kendala paling umum ialah kendala teknis pemasangan yang diakibatkan perhitungan yang kurang presisi maupun bahan pendukung lainnya. Hal ini akan berdampak pada hasil pemasangan yang kurang tepat. Pemasangan yang kurang tepat kerap menimbulkan retakan  pada tiap sambungannya. Jangan khawatir, berikut kami beri cara jika hal buruk tersebut terjadi pada papan GRC anda.

Cara Mengatasi Pemasangan Partisi GRC

Jika pemasangan yang kurang tepat berpotensi menghasilkan retakan pada sambungan maka anda dapat menggunakan compound A+B. Compound A+B ialah campuran gipsum dengan rakol atau lem kayu. Campuran dibuat dari bahan yang kuat sebagai lapisan dasar untuk menyambung GRC board sehingga mampu menghindari kemungkinan keretakan pada sambungan.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Pertama anda perlu mencampur compound Adan B dengan perbandingan 1:1 lalu diaduk hingga rata. Pengadukan yang rata akan menghasilkan daya rekat yang optimal dan proses pengeringan yang cepat. Campuran baiknya digunakan sebelum 30 menit. Lalu keringkan selama minimal 24 jam sebelum dilapisi dengan lapisan berikutnya.

Tips berikutnya jika pemasangan papan GRC  kurang tepat dan mengakibatkan gelembung, maka anda dapat membongkarnya, lalu menambahkan penahan rangka. Seperti yang sudah disampaikan bahwa partisi GRC cukup mudah untuk dibongkar pasang. Penahan rangka yang digunakan dapat digunakan material penahan rangka awal. Jika diawal dipasang tiap jarak 1,5 meter maka anda bisa menambahkan menjadi tiap jarak 75 cm. Anda juga dapat menambahkan kabel sling yang dikaitkan pada rangka kuda-kuda untuk menahan beban.

Semoga bermanfaat ya!

Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Pemasangan Partisi GRC yang Kurang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top