Sebelum Beli Wallpaper Dinding, Pertimbangkan Ini Dulu

Tahukah Anda bahwa penggunaan wallpaper dinding saat ini sudah hampir menyaingi penggunaan cat untuk interior rumah? hal itu tak lepas dari inovasi yang terus dikembangkan produsen wallpaper untuk memuaskan konsumen. Kalau Anda berniat jadi salah satu konsumen produk pelapis dinding ini, sebaiknya pertimbangkan hal penting ini dulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Wallpaper Dinding

Pertimbangkan Jenis Ruangan Sampai Anggaran

Beberapa hal perlu jadi pertimbangan Anda sebelum membeli wallpaper untuk dinding ruangan di rumah. mulai dari jenis ruangan, ukuran ruangan, pencahayaan, furnitur, bahan wallpaper, motif, dan anggaran yang disiapkan untuk membeli. Ketika semuanya sudah berada pada kondisi tepat, maka saatnya Anda untuk menyempurnakan interior dengan wallpaper dinding agar terlihat lebih sempurna.

1. Jenis Ruangan

Anda harus tahu dulu ruangan apa yang akan dipasangi kertas dinding tersebut, apakah ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga atau kamar? Karena masing-masing ruangan pasti punya konsep dan pemilihan wallpaper harus disesuaikan dengan konsep dari ruangan tersebut.

2. Ukuran Ruangan

Berapa ukuran ruangan adalah pertimbangan mutlak, apakah seluruh ruangan akan diberi kertas tersebut atau hanya salah satu sisinya. Ini juga berkaitan dengan luas dan sempitnya ruangan, ketika ruangan luas maka ada baiknya pengaplikasikan wallpaper di seluruh sisi dinding, tapi kalau sempit cukup di salah satu sisinya saja untuk memberi kesan luas.

3. Pencahayaan

Jangan lupa memastikan bagaimana pencahayaan yang masuk pada ruangan tersebut. Karena akan sangat mempengaruhi bahan dan motif dari kertas yang cocok untuk ditempelkan pada dinding tersebut. Ketika pencahayaan kurang maka sebaiknya bahan dingin seperti vinyl, plastik dengan motif cerah bisa jadi pilihan.

4. Furnitur di Dalam Ruangan

Jangan lupa mempertimbangkan furnitur yang sudah ada di dalam ruangan tersebut, sehingga ketika memilih wallpaper dinding terdapat kesesuaian dalam produk yang ada di dalam ruangan. Kesesuaian bukan berarti seragam, tapi punya nilai artistik yang mampu menciptakan karakteristik sendiri pada ruangan tersebut.

Contohnya, ketika furnitur di dalam ruangan didominasi warna netral tanpa motif, maka Anda bisa menyempurnakan interior dengan memilih kertas dinding dengan motif cerah agar ruangan lebih terlihat energik dan tidak membosankan.

5. Bahan Wallpaper

Kalau dulu kertas dinding kebanyakan hanya berbahan plastik, kertas, atau vinyl, saat ini berbagai bahan sudah mampu menciptakan sebuah pelapis dinding yang aman,nyaman, tahan lama. Anda harus bisa memilih bahan yang tepat, sehingga ketika dilapisi pada dinding menjadi penyempurna interior, bukan malah merusak desain ruangan.

6. Motif

Motif terbaik juga harus dipertimbangkan, Anda bisa menyesuaikan dengan warna furnitur, warna lantai atau warna dominan dari ruangan tersebut. contoh, untuk konsep ruangan minimalis dengan lantai parket, furnitur kayu maka Anda bisa memilih motif alam pada wallpaper dinding, baik itu pepohonan, pemandangan alam dan sejenisnya.

7. Anggaran

Pertimbangan yang tak kalah penting adalah berapa anggaran yang Anda sediakan untuk membeli kertas dinding tersebut. Jangan sampai over budget hanya karena menyukai motif dan bahan tertentu, bijaksanalah agar hasilnya benar-benar memuaskan mata, hati dan kantong Anda. Contohnya ketika Anda menyukai bahan tertentu, namun harganya mahal, cobalah mencari bahan yang mirip namun memiliki harga lebih murah.

Dengan mempertimbangkan tujuh hal di atas, Anda sudah bisa memilih kertas dinding yang tepat untuk ruangan yang tepat pula. Jika masih bingung, jangan segan melibatkan anggota keluarga lain untuk mendiskusikan hal tersebut, agar pertimbangan lebih matang saat membeli. Happy shopping!

Sebelum Beli Wallpaper Dinding, Pertimbangkan Ini Dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top